Senin, 13 Mei 2013 - 11:43:04 WIB
Pelatihan Pelatih PMI
Diposting oleh : Humas PMI Jateng
Kategori: Info PMI Pusat - Dibaca: 1810 kali

Sumber daya manusia (SDM) PMI yang terdiri dari pengurus, staf dan relawan direkrut berdasarkan kompetensi dan keahliannya. Mobilisasi relawan dilakukan PMI sesuai dengan kebutuhan dilapangan, sebagai wujud pelayanan PMI kepada masyarakat.

Untuk meningkatkan sumber daya, PMI Pusat menyelenggarakan Pelatihan Pelatih di Pusdiklat PMI Provinsi Jawa Tengah, Sambiroto, Semarang pada 12-20 Mei mendatang. Pelatihan diikuti oleh 27 orang peserta dari 24 PMI Provinsi di Indonesia.

Dr. Linda Lukitari, Pengurus Bidang Kesehatan, Rumah Sakit dan UDD (Unit Donor Darah) mengatakan seiring dengan meningkatnya kebutuhan lokal dan nasional, kebutuhan pelatih sesuai spesialisasi bidang pelayanan semakin meningkat dan dituntut lebih profesional. Pelatihan PMI ini juga dikembangkan sebagai upaya pengembangan sumber daya PMI yang dilaksanakan pihak mitra.

“Kita ingin mendapatkan SDM yang tangguh, yang kuat, yang tepat. Pelatih ini nantinya tidak hanya digunakan oleh PMI saja, namun juga masyarakat,” terangnya katanya saat membuka pelatihan.

Setelah pelatihan juga peserta diharapkan membuat perencanaan untuk pengembangan program-program pelayanan di wilayahnya masing-masing. “Pengembangan nantinya tidak hanya untuk internal PMI saja, namun juga pihak external (perusahaan) yang saat ini banyak mengajak kerjasama PMI dalam hal pertolongan pertama,” imbuhnya.

H. Sasongko Tedjo, Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah menyampaikan apresiasi kepada PMI Pusat yang konsisten mengembangkan SDM. “Di Jateng, dibangun Posko Pelayanan Bencana yang nantinya berfungsi sebaga juga sebagai tempat belajar siswa sekolah dalam hal kesiapsiagaan bencana,” tuturnya.

 

Kepala Unit Diklat (pendidikan dan latihan) PMI Pusat menjelaskan bahwa peserta pelatihan pelatih ini, telah melalui seleksi administrasi dan kompetensi. “Tidak semua PMI provinsi dapat mengirimkan peserta karena keterbatasan personil dan bersamaan dengan kegiatan PMI didaerahnya,” pungkasnya.




6 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)