Rabu, 21 Desember 2011 - 10:51:45 WIB
PMI Kab. Pekalongan Adakan Jumbara 2011
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Expo PMI - Dibaca: 618 kali

Jumbara PMR VIII PMI Kab. Pekalongan tahun 2011 yang mengusung tema “Sahabat Ceria, Rela dan Cerdas” telah usai dilaksanakan. Jumbara (Jumpa, Bakti dan Gembira) kegiatan 2 tahunan PMI Kab. Pekalongan pada Tahun 2011 ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Wana Wisata Linggoasri Kecamatan Kajen Kab. Pekalongan kamis – minggu (15-18/12).

 

Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Bapak Sekda Ir. Susiyanto, MM yang juga mantan Ketua PMI periode 2006-2011 pada Jumat pagi diikuti oleh 1.330 siswa PMR dari 24 pangkalan PMR Wira dan 43 pangkalan PMR Madya.

 

Dalam sambutannya ia menyatakan, “terima kasih kepada PMI atas kerja kerasnya dalam membina generasi muda melalui PMR, kegiatan ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena ujung dari harapannya adalah lahirnya generasi muda dengan kepedulian tinggi terhadap kemanusiaan” tegasnya.

 

“untuk membentengi generasi muda dari pergaulan bebas dan Narkoba adalah dengan kegiatan-kegiatan positif seperti PMR. Generasi muda yang positif adalah generasi muda yang bersikap positif dengan toleransi, mau berkorban dan sikap tanggap terhadap persoalan kemanusiaan. Pembinaan ini harus di ikuti oleh Pembina PMR, Kepala Sekolah, dan terutama adalah dorongan orang tua murid dengan terbentuknya sikap dan kepribadian yang mandiri, kreatif dan rendah diri” jelasnya.

 

Sementara itu, Ketua panitia Jumbara VIII, Teguh Ning Wibowo, S.Pi menyampaikan bahwa hasil yang diharapkan dalam kegiatan Jumbara VIII agar PMR dapat memahami tentang tujuan Kepalangmerahan dan selalu waspada bahwa Negara kita rawan bencana. PMR mampu melaksanakan tugas Kepalangmerahan dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu juga agar dapat menyamakan persepsi dan materi Kepalangmerahan disetiap pangkalan.

 

Teguh menambahkan, kegiatan Jumbara VIII ini dilaksanakan sesuai dengan program kerja bidang PMR dan Relawan PMI Kab. Pekalongan 2011-2016 dan hasil Mukercab PMI Kab. Pekalongan dengan tema “Sahabat Ceria, Rela dan Cerdas”.

 

Jumbara PMR VIII Linggoasri.

Kegiatan Jumpa, Bakti dan Gembira (Jumbara) PMR VIII tahun 2011 yang dilaksanakan mulai hari Kamis tanggal 15 Desember 2011 sampai dengan tanggal 18 Desember 2011 bertempat di sebuah daerah pegunungan Wana Wisata Bumi Perkemahan yang berada di Desa Linggoasri Kec. Kajen Kab. Pekalongan Jawa Tengah.

 

Seluruh peserta terdiri dari 24 pangkalan PMR Wira dengan jumlah 483 siswa PMR dan 43 pangkalan PMR Madya dengan jumlah 847 siswa PMR, sehingga total peserta adalah 1.330 siswa dan 134 pembina pendamping. Masing-masing kontingen mendapatkan 2 kapling perkemahan untuk putra dan putrid yang lokasinya berdekatan.

 

Pada hari pertama peserta disibukkan dengan pendaftaran ulang atau registrasi dan pendirian tenda. Dengan ketentuan dari panitia bahwa peserta datang lebih awal memperoleh nomor kapling tenda urutan awal. Walaupun suasana dalam musim penghujan, namun Alhamdulillah selama kegiatan berlangsung alam sangat bersahabat dengan kita sehingga tanpa ada guyuran hujan, hanya gerimis kecil yang menghiasi kegiatan JUmbara kita. Kegiatan dilanjutkan dengan lomba LCC, out bond, multimedia dan malamnya ditutup dengan pentas seni.

 

 

Kegiatan “Jumpa”

Format kegiatan Jumbara tahun 2011 hampir sama dengan Jumbara sebelumnya. Kegiatan dibedakan menjadi 3 jenis yaitu Jumpa, Bakti dan Gembira. Untuk kegiatan Jumpa terdiri dari 5 kegiatan yaitu ngobrol bareng PMR, life skill station, Penyuluhan remaja sehat, sekolah siaga bencana, dan lokakarya Pembina. Hari pertama dibuka dengan kegiatan cerdas cermat babak penyisihan. Sebanyak 67 pangkalan mengirimkan 2 wakilnya untuk mengikuti lomba. Dengan lokasi kegiatan berada di lapangan upacara. Hasil aakhir diambil 3 peserta dengan nilai terbaik untuk maju ke babak final. Kegiatan life skill station di isi dengan praktek pembuatan kompos, penyuluhan tentang narkoba dan HIV/AIDs diberikan dalam acara Remaja Sehat. SSB menghadirkan audien siswa SD Linggoasri 01 karena dengan kondisi daerah pegunungan dan sangat rawan sekali bencana tanah longsor. Memberikan pengetahuan sejak dini tentang sebelum bencana, saat bencana dan setelah bencana. Kegiatan lokakarya Pembina di ikuti oleh perwakilan 1 pembina untuk melakukan mediasi dan serring serta curah pendapat dengan Pengurus PMI Kab. Peklaongan.

 

Kegiatan “Bakti”

Kegiatan yang bertajuk “Bakti” ini merupakan bentuk kegiatan aplikasi dalam berbakti kepada masyarakat dan lingkungan. Kegiatan yang dilakukan antara lain ; bakti masyarakat dengan penyerahan pohon keras dan buku tulis serta alat tulis. Bantuan bibit tanaman keras yang disumbangkan oleh peserta jumbara diserahkan kepada Kepala Desa Linggoasri yang daulat untuk menyerahkan adalah ketua panitia yaitu Teguh Ning Wibowo didampingi ketua 2 bidang lomba Eko Purwanto dan disaksikan oleh perwakilan dari peserta jumbara. Kegiatan lainnya adalah jurnalistik, travelling kepalangmerahan, PRS, paduan suara, kreasi souvenir dan multimedia.

 

Perbedaan kegiatan jumbara VIII kali ini dengan tahun kemaren adalah adanya lomba multimedia tingkat PMR Wira. Peserta diwajibkan membuat presentasi dengan menggunakan program power point. Dengan tema siaga bencana. Materi dibuat dalam power point dan print out untuk diserahkan kepada panitia. Semuanya wajib sebagai karya sendiri. Karena akan diberikan beberapa pertanyaan bagaimana proses pembuatannya.

 

Kegiatan “Gembira”

Dengan tajuk gembira kegiatan ini meliputi anjang sana antar kontingen, outbond, olah raga persahabatan, pentas seni, defile dan kontingen faforit. Kegiatan anjangsana dilakukan dengan mengunjungi kontingen lain dan memberikan kenang-kenangan sesuai kontingen masing-masing. Outbond dan olahraga dilakukan sebagai media persahabatan dan kepemimpinan. Kegiatan pentas seni dilakukan setiap malam, karena banyaknya peserta jumbara sehingga jadwal sampai larut malam. Defile dilaksanakan pada saat pembukaan jumbara dilakukan. Masing-masing kontingen menampilkan kreasinya sendiri. Pemilihan kontingen faforit dilakukan pada malam terakhir dengan ketentuan tidak boleh memilih kontingennya sendiri.

 

Penutupan dan penyerahan Piala

Jumbara PMR VIII PMI Kab. Pekalongan berakhir pada hari Minggu 18 Desember, diakhiri dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh Ketua PMI Kab. Pekalongan Ir. Arini Harimurti Antono. “selamat kepada semua peserta yang telah mengikuti semua kegiatan jumbara dan mendapatkan hasil yang memuaskan, terim kasih kepada semua pendukung kegiatan ini.

Selamat kepada peserta yang telah terpilih menjadi juara umum, lanjutkan perjuangan kalian, tingkatkan prestasi kalian” , ungkap Ibu Arini dalam sambutannya.

 

Setelah upacara penutupan dilanjutkan dengan pengumuman dan penyerahan piala kejuaraan. Piala kejuaraan terdiri dari piala juara umum, piala juara 1 sampai 3, piala kontingen faforit dan piala kategori.  5 peringkat atas dengan piala kategori A, 13 peringkat dibawahnya dengan kategori B, selebihnya adalah piala dengan kategori C. Sehingga semua peserta dapat membawa pulang piala sebagai koleksi dipangkalannya.

 

Yang berhasil meraih juara tingkat PMR Wira antara lain ; juara 3 diraih oleh kontingen SMK 1 SRAGI, juara 2 diraih oleh kontingen SMA N 1 KEDUNGWUNI dan Juara 1 sekaligus sebagai Juara umum Jumbara VIII tingkat PMR Wira diraih oleh kontingan dari SMA N 1 Kajen.  sementara dari tingkat PMR Madya, juara 3 diraih oleh kontingen MTs N 1 Buaran di Kedungwuni, juara 2 diraih kontingen SMP N 1 SRAGI, dan juara 1 sekaligus sebagai juara umum berhasil di raih oleh SMP N 2 Kajen.(19/12)pepenk.dochum.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)